Untuk bisa meraih sukses, seseorang harus tahu apa yang membuat orang lain bekerja dan bagaimana membuat mereka bekerja sesuai cara yang ia inginkan. Sebuah kepribadian yang baik akan mengatasi semua ini. Kepribadian bukan semata-mata takdir. Kepribadian sebagian besar tergantung pada bagaimana usaha Anda dalam menciptakannya.

kepribadian011

Barangkali Anda pernah melihat atau menyaksikan seseorang dikerubuti oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Orang itu bukan selebritis, bukan orang kaya, bukan juga intelektual. Ia hanya seoarang yang biasa dan sederhana. Namun, mengapa ia begitu disegani dan diperhatikan banyak orang? Gaya bicaranya sangat menarik. Ada yang mengira ia pandai menghipnotis lawan bicaranya. Apa sebenarnya yang dimiliki orang itu? Sebenarnya ia hanya memiliki sebuah pancaran daya tarik kepribadian yang mempesona.

Sebuah kepribadian yang mengagumkan bukanlah sebuah hal yang aneh dan tidak wajar. Ia juga bukan hal mustahil yang bisa dimiliki. Daya tarik kepribadian adalah anugerah Tuhan yang dimiliki semua orang. Hanya saja, beberapa orang mampu merawat pancaran daya tarik ini hingga terus bersinar terang, sementara sebagian yang lain justru hanya mampu mengeluarkan sinar redup. Tipe pertama adalah sekelompok orang yang mampu menikmati cerah wibawa dan ketenaran, sementara tipe kedua adalah sekelompok orang yang hidup dalam kegelapan. Kelompok pertama akan sangat terkenal, sementara kelompok kedua hanya terdiri sekumpulan orang biasa.

Kepribadian memiliki pesona yang luar biasa dalam masyarakat. Orang sering mengatakan bahwa Tuan X memiliki kepribadian menaril, atau Nyoya Y mempunyai kepribadian yang buruk. Dalam hal ini, yang mereka maksudkan biasanya hanyalah penampilan fisik, pakaian, suara, dan perilaku lahirian saja. Meskipun hal-hal lahirian tersebut memiliki signifikasi yang tidak diragukan lagi, tetapi hal-hal tersebut tetap saja hanya merupakan salah satu factor saja.

Sebuah kepribadian memiliki banyak factor yang sangat luas dan meliputi banyak hal. Di sana ada banyak hal ketimbang sekadar factor eksternal saja. Allport, seorang psilokog ternama, mengatakan,” Kepribadian merupakan pergerakan dinamis psikofisik dalam diri seseorang yang akan menentukan keunikan orang tersebut dalam lingkungannya.” Dale Carnegie, seorang psikolog yang lain, mengatakan,” Kepribadian adalah hal yang samara dan sangat sulit diungkapkan, seperti wangi yang ada pada bunga.”

Kepribadian mungkin merupakan hal yang kompleks dan sukar diungkapkan. Akan tetapi, hal ini tidak berarti kepribadian tidak bisa dimiliki. Aldous Huxley menjelaskan,” Siapa saja yang tahu bagaimana cara membaca dirinya adalah orang yang memiliki kekuatan untuk menampilkan dan mengembangkan eksistensi diri, serta membuat hidupnya penuh makna dan menarik.”

Jika Anda ingin meraih kesuksesan hidup, menikmati kejayaan, dan mendapat penghargaan dari teman-teman dan masyarakat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menumbuhlan kepribadian yang mengagumkan. Cara bagaimana melakukan hal tersebut ada di sini.

Tidak ada seorang pun yang akan mendapat penghargaan dari orang lain kecuali jika dia berhasil dalam pekerjaannya. Keberhasilan dalam pekerjaan bukanlah suatu hal yang mustahil. Siapa saja, terlepas dari bidang pekerjaannya, tentu saja bisa meraih kesuksesan. Dan, tingkat kesuksesan yang bisa Anda raih sangat tergantung pada seberapa banyak usaha yang telah Anda kerahkan dan bagaimana Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Bakat tanpa keinginan untuk bekerja sama seperti perahu tanpa dayung. Kita harus bekerja untuk menunjukkan kecerdasan dan bakat kita kepada orang lain. Tanpa menunjukkannya, Anda tidak bisa berharap mendapat sesuatu yang menguntungkan. Anda, barangkali, akan beranggapan bahwa Anda tidak memiliki bakat. Akan tetapi, anggapan Anda tersebut adalah anggapan yang sama sekali tidak masuk akal. Karena sesungguhnya, kita semua dianugerahi bakat dengan tingkat yang berbeda-beda.

Rumus Meraih Kesuksesan

Apa yang harus Anda lakukan adalah mengaplikasikan bakat Anda menjadi sebuah tindakan. Untuk itu, Anda harus membangun ketabahan dan kesabaran. Kemahiran dalam bekerja tidak muncul hanya dalam waktu semalam. Jalan untuk menjadi mahir memang terkadang sangat sukar. Jika Anda menerima hinaan di tengah-tengah usaha Anda, jangan merasa berkecil hati. Jadikanlah hal tersebut sebagai sebuah alat untuk menguji keberanian serta semangat yang ada dalam diri Anda.

Coba simak nasihat bijak berikut ini.

“Keberuntungan besar adalah sebuah kerja keras.” (Seneca)

“Keberuntungan seperti kaca-semakin tipis dan semakin gemerlap kaca itu, maka akan semakin mudah pecah ia.” (Publilius Syrus)

Pembahasan kita belum selesai, nantikan bagian ke-2.

Iklan